Begini cara belanja online untuk pemula agar tidak salah paham dan tidak tertipu !!!!

Posted by Bratamoon On Minggu, 14 April 2024 0 komentar

 Cara Belanja Online Yang Benar Agar Tidak Salah Paham dan Tertipu


Belanja Online

Di zaman yang semakin canggih ini,hampir semua hal di operasikan atau dilakukan dengan daring atau online.misalnya dengan belanja atau membeli suatu barang.dengan adanya toko online atau belanja online kita tidak harus repot-repot untuk keluar rumah untuk melakukan pembelian barang.belanja online juga sering dilakukan karena suatu produk sulit mendapatkanya atau tidak ada penjual yang menjual offline di sekita kita.

Kita bisa melakukan pembelian atau belanja online langsung dengan penjualnya,setelah komunikasi dan dengan harga yang disepakati,maka si pembeli mengirimkan uangnya dan penjual mengirimkan barangnya.

Untuk mencegah beberapa kesalah pahaman dan penipuan banyak platform jual beli dihadirkan seperti marketplace.dengan adanya marketplace calon pembeli akan lebih leluasa untuk memilih produk yang di inginkan dengan berbagai harga,kwalitas dan lokasi penjual.

Belanja oline lebih aman jika dilakukan di marketplace,karena unsur penipuan sangat minim terjadi walaupun masih ada celah buat para penipu tapi sangat minim.

Agar lebih paham untuk pemula,Marketplace adalah tempat dimana kita belanja dan uang kita dipegang oleh pihak marketplace.dan setelah pesanan kita sampai dan sesuai...marketplace akan meneruskan uang dengan nominal harga barang kepada penjual.

Agar lebih mudah di pahami,marketplace ini ibaratnya adalah sebuah pasar,kita datang dan belanja seperti biasanya.tapi karena ini adalah online atau daring maka uang atau dana dipegang oleh pihak pasar atau marketplace agar kita lebih aman belanja.

Contoh marketplace di indonesia paling ramai penjual dan pengunjung adalah shopee,tokopedia,lazada dan lainnya.ketiga marketplace itu adalah paling ramai di indonesia.tapi selain yang tiga itu masih ada marketplace lain yang tersedia.

Perlu di pahami,marketplace seperti shopee,tokopedia dan lazada... adalah penyedia tempat pasar atau belanja,jadi yang jualan disitu bukan mereka semua.walaupun ada beberapa toko yang dikelola marketplace tersebut. tapi kebanyakan dikelola oleh penjual lain yang bukan orang marketplace itu.dan fungsi marketplace selain penyedia lokasi pasara adalah sebagai orang ketiga untuk menjamin uang atau dana pembeli.

Jika kita belanja di marketplace tersebut,uang yang kita bayarkan sesuai harga produk yang kita pesan tidak langsung diterima penjual,tapi dipegang oleh pihak ketiga yaitu marketplace itu sendiri.dan ketika pesanan sampai kepada pembeli dan produk sesuai pesanan,maka marketplace akan meneruskan uang atau dana kepada penjual.

Dan untuk sebagai pengantar barang atau jasa kirim adalah bukan marketplace atau penjual.tetapi pihak ke empat yaitu pihak jasa kirim,seperti POS,JnT,Sicepat,JNE,Ninja,dan lain lain.jadi kalau pesanan kita lama sampai atau lama di perjalanan jangan marahnya ke pihak penjual :) tapi marahnya ke pihak jasa kirim.

Berikut cara belanja online di marketplace agar tidak salah paham dan tertipu :

  • Marketplace seperti shopee,tokopedia,lazada adalah pihak  penyedia lokasi pasar dan juga pihak ketiga yang memegang dana atau uang sementara.
  • Penjual di marketplace kebanyakan bukan pihak marketplace itu,tetapi berbagai penjual dari seluruh indonesia.sebelum belanja kamu bisa cek nama tokoknya.kalau toko itu di kelola marketplace akan ada keterangan bahwa toko itu dikelola marketplace.
  • Untuk mengantar barang pesanan,bukan pihak penjual.tetapi adalah pihak ke empat yaitu pihak jasa kirim.pihak jasa kirim hanya memeliki peran mengantar barang.jadi bukan penjual mengantar barang.
  • Sebelum membayar atau checkout produk tertentu di suatu toko,ada baiknya pastikan atau teliti barang  yang akan dibeli.misalnya warna,ukuran,berat,bentuk,dan variasi lain.tanyakan penjual barang yang cocok sesuai keinginanmu agar tidak salah paham.setelah paham baru lakukan pembayaran.
  • Tidak semua pesanan kita langsung dikirim dihari itu juga,karena kebanyakan penjual masih membutuhkan waktu untuk packing pesanan kita.kalau tidak hari itu dikirimkan,mungkin besok atau lusa.setiap penjual memiliki batas waktu pengiriman yang sudah ditentukan marketplace.dan jika pesanan kita tidak dikirimkan atau terlambat dikirimkan.maka toko tersebut akan mendapat peringatan dan hukuman dari penjual.dan jika pesanan tidak dikirimkan uang kita akan dikembalikan pihak jasa kirim,jadi aman aman saja.
  • Jika kamu menggunakan pembayaran dengan cara cash on delivery atau COD,maka kamu akan dikenakan biaya tambahan selain harga barang dan ongkos kirim.
  • Jika pesanan COD atau non COD tidak sesuai dengan pesanan,silakan komplain ke pihak penjual.bukan komplain atau memarahi kurir yang mengantar barang ya.kurir hanya mengantar pesanan kita.
  • Jika pesanan kita tidak sesuai,rusak,atau ada yang kurang silakan ajukan komplain ke penjual dan marketplace.biasanya akan diberikan solusi pengembalian dana atau solusi akan diberikan pihak marketplace sesuai kasus yang terjadi.
  • Gunakanlah promo-promo dan voucher gratis ongkos kirim yang disediakan penjual dan pihak marketplace,untuk mengurangi ongkir.tanpa menggunakan vouchernya tidak akan ada ongkos kirim gratis.biasanya untuk satu provinsi umumnya bisa mendapatkan nol ongkos kirim.
  • Setelah selesai transaksi,pihak marketplace akan memberikan kesempatan kepada kita untuk menilai produk dan memberikan ulasan kepada penjual.jika produk yang diterima sesuai pesanan silakan berikan bintang/rate 5. jangan memberikan bintang dibawah lima jika pesanan kamu sesuai..dan berikan ulasan positif tentang produk penjual.dan jika tidak sesuai kita bisa memberikan rating dan ulasan sebaliknya.
  • Jika kita memesan barang atau suatu produk di waktu malam hari,jangan memaksa atau meminta penjual untuk mengirimkannya segera.karena malam hari tidak ada jasa kirim yang buka.jadi dikirimkan kemana ????
  • Setiap daerah ada jam jam tertentu jadwal keberangkatan barang pihak jasa kirim.biasanya truk atau mobil jasa kirim sekali sehari berangkat dan jam nya beda beda.
  • Di beberapa toko di marketplace disediakan fitur menawar barang,tetapi tidak semua toko memberikannya.tidak usah memaksakan penjual untuk menurunkan harga barang daganganya.kita tinggal cari toko yang lain dengan produk yang serupa.karena ada banyak toko dengan beragam jenis produk dan beragam harga.
Untuk mencegah penipuan,ada baiknya jangan membeli barang di marketplace yang tidak ada pihak ketiga yang menjamin dana atau uang pembeli.balanja lah di marketplace yang sudah di akui di indonesia.

Cara memilih toko dan produk yang baik di marketplace :
  • Carilah produk dan toko di marketplace dengan ulasan positif dan rating tinggi.rating paling tinggi adalah 5,dan rating 4,7 - 5 adalah toko terbaik.jika ada rating 4,5 tetapi produknya sudah terjual banyak bahkan sampai ribuan terjual itu masih aman.tapi jika pemula ada baiknya ambil aman saja,belanjalah  di  toko dengan rating 4,8 - 5 dengan ulasan positif.
  • Carilah produk yang sudah ada terjual,atau sudah ada yang membeli.jangan mau membeli suatu produk jika kamu pembeli pertama.kecuali jika kita sudah benar-benar yakin atau mau coba-coba.
  • Biasanya toko dengan produk rating 4,5 ke bawah kwalitas produknya atau pelayanan tokonya jelek.
  • Walaupun ada toko dengan produk rating 4,5 - 4,7 belum tentu produk dan pelayanan mereka jelek.bisa jadi pembeli sebelumnya tidak memahami belanja online atau tidak baca deskripsi produk sebelum membeli,akhirnya pesananya tidak sesuai.padahal pembelinya tidak baca deskripsi atau paham.selain itu ada juga orang yang asal asalan memberikan rating /penilaian rendah atau penilaian negatif.
  • Tanyakan ukuran,warna,variasi,berat dan lainnya sebelum membeli.pahami ukuran atau bentuk atau berat produk yang akan dibeli.bisa membaca deskripsi produk atau tanyakan langsung penjual melalui fitur chat.
  • Bacalah deskripsi produk dan keterangan lainnya sebelum membeli.
  • Jangan membeli produk toko yang jarang online,karena bisa saja pesanan kamu terlalu lama dikirimkan.kita bisa melihat waktu toko terakhir online dbagian bawah nama toko yang tertera di lapak produk.
  • Di beberapa marketplace ada tingkatan atau level toko dan umunya tingkat paling atas adalah toko paling terbaik atau memiliki produk original.seperti di shopee ada toko non star,toko star,toko star+,toko mall,dan toko premium.dan di tokopedia ada toko official,power merchat pro,power merchant dan penual biasa.tapi bukan berarti produk toko non star dan toko biasa tidak berkwalitas atau original.banyak toko hanya memilih level toko biasa untuk mengurangi biaya administrasi berjualan.
  • Jangan menggunakan cod,karena selain harga barang dan ongkos akan ditambahkan biaya yang dibebankan kepada pembeli.
  • Jangan menolak membayar cod tanpa alasan,karena akun kamu akan dapat poin peringatan dari pihak marketplace.kecuali kamu menggunakan "Cod cek dulu "

Penjelasan diatas hanya untuk bagi pemula,jika sudah paham boleh di skip ya sob...Begitulah cara belanja online untuk pemula agar tidak salah paham dan tidak tertipu.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar