Gilaaak !! Ini 10 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia

Posted by Bratamoon On Minggu, 05 April 2015 3 komentar
   Kalau mengingat ikan air tawar yang ada dipikiran kita adalah sekumpulan ikan-ikan kecil yang biasa kita jumpai sehari-harinya,dan bahkan banyak mancing mania yang selalu berharap mendapatkan ikan besar dari sungai,telaga atau danau.namun jangan salah..tidak semuanya ikan besar itu berada di lautan di dalam air tawar juga banyak bersembunyi monster air tawar,mereka adalah ikan-ikan besar yang suka bersembunyi di air keruh yang dalam dan dasar danau yang gelap.berikut ini adalah 10 ikan air tawar terbesar yang ada di dunia dan masih hidup sampai sekarang.

1.Beluga Sturgeon
photo : pixshark.com
Beluga sturgeon,disebit juga sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.ikan ini hidup disekitar perairan tawar asia dan eropa (eurasia).namun paling sering ditemukan di daerah air tawar rusia dan sekitarnya.menurut sumber...ikan beluga sturgeon ini memiliki berat sekitar 4 - 5 ton dan konon katanya ikan ini bisa hidup sampai ratusan tahun.telurnya banyak dicari orang karena juga katanya rasanya sangat lezat.dan yang membuat ikan ini unik adalah dia bisa hidup di air tawar dan di air laut,dan sekarang ikan ini termasuk ikan yang dilindungi dan dilarang di tangkap.


2.Giant Catfish
photo : doubtfulnews.com
Catfish...atau di indonesia disebut ikan lele,dikatakan catfish karena ikan ini berkumis seperti kucing.ikan lele yang sering kita jumpai di indonesia adalah ikan lele kecil yang banyak di goreng untuk pecel lele.giant catfish adalah ikan lele raksasa yang hidup di eropa dan asia.dan paling banyak ditemukan di perairan sungai mekong yang membentang di asia tenggara.lele raksasa dari sungai mekong ini ada tiga jenis,yaitu berkulit keras seperti baja,bersisik dan tanpa sisik.


3.Alligator gar
photo: scalestails.tumblr.com
Dinamakan alligator gar,karena ikan ini kelihatan seperti buaya dari depan.selain itu ikan ini juga kelihatan menyeramkan seperti buya,namun menurut info..ikan ini belum pernah menyerang manusia.ikan alligator gar ini banyak hidup di sungai sekitar amerika utara.dulunya ikan ini dianggap sangat menggangu kehidupan ikan lain dan banyak yang menangkapnya.namun belakangan...ikan ini berada dalam perlindungan dan dilarang ditangkap atau diperjualbelikan.sekedar info...di mexico ikan ini dikonsumsi masyarakat.


4.Arapaima
photo : voices.nationalgeographic.com

Ikan arapaima ini hidup di sungai amazon dan menjadi salah satu ikan air tawar terbesar,ikan banyak dikonsumsi oleh suku pedalaman disekitar sungai amazone.namun untuk sekarang ikan arapaima sudah dilindungi dan dilarang oleh pemerintah setempat untuk ditangkap dan dijual.


5.Giant Freshwater Stingray

photo : reddit.com
Ikan ini adalah ikan pari terbesar air tawar,tampangnya begitu agak sedikit menyeramkan..namun ini adalah ikan pari air tawar yang langka dan terancam punah.ikan ini hidup di perairan sungai asia tenggara dan menurut informasi ikan ini juga hidup di sungai besar kalimantan.karena terancam punah..ikan ini berada dalam pengawasan pemerintah.


6.Bullshark
photo : blog.al.com
Dikatakan bullshark,karena ikan hiu yang satu ini bisa hidup di air tawar dan di air laut.ikan hiu tawar ini akan masuk dari sungai atau daerah air tawar yang terhubung kelaut.ikan ini banyak ditemukan sungai missisipi,sungai amazone dan danau nikaragua.bullshark ini sangat berbahaya dan sering menyerang manusia.


7.Taimen
photo : rodtrip.com

Ikan ini besar air tawar satu ini hidup di daerah sungai mongolia dan rusia,ikan ini hampir mirip seperti ikan lele raksasa namun tidak memiliki kumis seperti catfish.ikan banyak di pancing di negaranya,namun hanya untuk sekedar hiburan dan akhirnya melepaskannya kembali kedalam sungai.


8.Nile Perch
photo : africa-angler.com
Ikan yang satu ini memiliki bentuk badan seperti ikan mas indonesia namun berukuran besar dan tampang yang menyeramkan.ikan ini banyak ditemukan di sungai afrika,timur tengah dan sebagian eropa.namun ikan ini paling banyak ditemukan di sungai nil.


9.Paddlefish
photo : coopsunit.org

Ikan paddlefish ini banyak hidup di daerah cina dan amerika utara.ikan ini memiliki ciri khas yang unik,yaitu memiliki muncung yang panjang seperti gergaji namun tidak bergerigi.karena ikan ini terancam punah,paddlefish sekarang di lindungi dan berada dibawah pengawasan amerika.

Tags : #ikan air tawar, ikan tawar, ikan terbesar air tawar, ikan raksasa, ikan sungai raksasa, ikan paling besar di dunia.
Like dan Share ya teman....
Comments
3 Comments

3 komentar:

maul mengatakan...

bullsahark bisa hidup di air tawar sama air laut...

Siska mengatakan...

Banyak juga ya jenis ikan besar air tawar.

i mengatakan...

Ikan hidup dalam air liur ada?

Posting Komentar